Assalamualaikum kawan-kawan 🙂

“ada pita lucu menyelimuti  tepian sendal ,  ada cerita baru nie  dari departemen social “

Hay-hay ^_^
ayok kita ulas  keasyikan kisah VAKSIN. Hehehe. Asal tau aja ya, nantinya akan ada 4 episode buat ngending-in satu dari  5 proker yang di miliki depsos tercinta . Gimana? Bakalan kliatan seru kan ? Yups betul, kayak jadi serial drama gitu , tapi… klo ini temanya bukan sesuatu yang romance ataupun so sweet

Critanya gini , episode pertama vaksin alhamdulillah uda kelar. Di laksanakan pada tanggal 17 maret 2013 , tepatnya hari minggu . Jam 8-11 di ruang kuliah 3 fakultas kedokteran uns . Biasanya sih episode pertama vaksin di namain “screening vaksin” . Latar belakang vaksinasi tuh buat memfasilitasi mereka yang merasa dirinya perlu terlindung dari penyakit yang bersumber dari virus, khususnya hepatitis b. Apalagi buat mereka yang berkecimpung di dunia kesehatan, asal perlu tau, hal yang satu ini harus di pikir dua kali  😀  Selain itu juga untuk memfasilitasi anak2 kebidanan semester 2 yang akan memulai praktik klinik dasar di lapangan. Langsung aja ngebahas acara screening yak, basa basi nya keburu beneran basi. Pelaksanaan vaksinasi hepatitis b bekerja sama dengan pusat diagnostig “budi sehat”, subhanallah, petugas screening dari budi sehat mematahkan teori jam karet. Mereka beneran datang tepat waktu sesuai undangan. Patut di tiru dan di adopsi ni. 😀  Padahal peserta ny aja belum komplit. Terlepas dari keontime an itu, proses screening segera di mulai. Oh iya , lupa menjelaskan.

screening vaksin

Screening itu dalam konteks ini maksudnya proses pengambilan darah untuk di tes supaya mengetahui kondisi kesehatan seseorang kaitanya dengan sudah positif hepatitis b atau belum , dan untuk menindak lanjuti proses vaksin itu sendiri. Kalo hasilnya negative, berbahagialah. Karena berkesempatan untuk menanggulangi diri dari penyakit itu . Partisipasi peserta vaksinasi yang penyelenggaraan nya di gawangi oleh dias (kebidanan.2011) ini mengagumkan hlo. Hampir seluruh penghuni d3 kebidanan angkatan 2012 di tambah partisipasi dari luar. Keseluruhan peserta ada 73. Semangat ya para peserta.  Proses screening di lanjutin dengan penyuluhan seluk beluk bahaya dan penanggulangan penyakit Hepatitis B. Acaranya luar biasa, keluwesan mc membawa suasana menjadi nilai plus.

vaksin

Gmn rasanya di screening ??Enggak sakit kan,,  enggak kok, cuma sedikit nyeri.

Eh bukankah vaksin itu sebagai start kita untuk melindungi dan mempersiapkan diri dari kesibukan mengabdi untuk bumi tercinta di kemudian hari nantinya ??

Cielah , tingkat tinggi bangeta ya,

Sekian dulu dari vaksin episode pertama.

~~~~

Welcome to second episode of vaccination.

Cieeee , jumpa lagi ni , satu minggu yang lalu uda screening , skarang gentian pelaksanaan vaksin ya.

Seusai memperoleh hasil diagnostic dr budi sehat , hak peserta adalah d vaksin , eits dengan syarat hasilnya negative . Ok . Selang antara proses screening dan penyuntikan pertama adalah 1 minggu. Penyuntikan vaksin pertama di laksanakan di Gedung D skill lab kebidanan pada tanggal 21 maret 2013. Dengan jumlah peserta yang sama ketika screening yakni 73 peserta. Tapii sayang, ada beberapa peserta yang harus absen karna ada kepentingan lain. Dan terpaksa deh mereka harus membuat jadwal sendiri. Hemm, ini msh kerja sama dengan pusat diagnostik budi sehat hlo. Tanpa ada sambutan dari ketua panitia, ketua himadan, maupun perwakilan prodi, acara berlangsung tertib dan menyenangkan 🙂 Ups. Ketika rombongan tim budi sehat datang, aha warna khas hijau-putih (seragam)memaksa penglihatan untuk sedikit memberi perhatian. Hehehe. Ada banyak rasa tentunya dari masinmasing peserta pada moment ini, entah rasa takut, sok berani, berusaha menenangkan diri untuk bersahabat  dengan runcingnya ujung jarum atau tenang2 karena sudah jinak dengan yang namanya disuntik. Entah apa itu . Setelah tim dipersilakan duduk,  sejenak kemudian pem-vaksinan di mulai berdasarkan nomor undi yang telah di dapat saat presensi kehadiran tadi. Jangan takut. Semangat yaa kawan. Ini tentang edukasi yang ng terdapat di sekolah ataupun skripsi. Upsss. Apa-apaan nie ??  Hehe . Dari peserta nomer 1 sampai yang terakhir. Tidak berlangsung begitu lama . Semua berjalan baik karena ada kerjasama yang baik pula antara pihak panitia , peserta dan tim pem-vaksin. Semoga di vaksin episode ke-3 (penyuntikan 2) dan ke-4 (penyuntikan 3) nanti berlangsung lancar dan khidmad seperti yang sekarang. Amiin. Sekian nie dari episode vaksin ke-2 (penyuntikan 1 ).

Tetap semangat 🙂

2 thoughts on “Vaccination Of Hepatitis B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *