One of the great event by Himadan FK UNS have done.

Minggu , 14 April 2013

Gelap malam masih menyelimuti pagi yang dingin. Kabut tebal mengiringi langkah para srikandi ini untuk beranjak dari singgasana nan nyaman bertahtakan kelembutan untuk menuju peraduan akbarnya.

Setelah penantian selama empat bulan…

Bertempat di auditorium yang selalu kita banggakan. Para srikandi muda pun sibuk bak lebah yang terbang berhamburan kesana kemari tuk menyempurnakan persembahan terbaik yaitu

“Simposium Nasional 2013”

BREASTFEEDING AS GOLDEN STANDARD NUTRITION TO OPTIMIZE PLATINUM GROWTH

Langkah tegak dan senyum manis siap menyambut peserta si   mposium tahun ini. Tempat regristrasi pun bak lautan manusia yang indah 🙂

Di dalam ruangan auditorium pun mulai dipenuhi peserta di iringi teman – teman dari politeknik seni dengan alunan angklungnya di samping ruangan pun tengah bersiap para penari cilik untuk memeriahkan acara.

Sebelum acara inti dimulai ada 2 srikandi desinta dan ida yang beraksi untuk membangkitkan semangat peserta dengan membagikan doorprizenya. è selamat untuk 10 pendatang pertama yang mendapatkan hadiahnya.

* prok prok prok *

541624_336543003134360_1503575764_n

Setelah pembicara ,petinggi dan tamu undangan memasuki aula , mbak Sinta dan mas Sigit sang MC ini pun membuka acara SIMPOSIUM NASIONAL 2013. Penari cilik nan lucu memasuki ruangan untuk memberikan hiburan pembuka. Kepolosan anak kecil yang tak dapat di pungkiri kebahagian meraka.Acara selanjutnya adalah sambutan dan pembukaan.

155645_336540093134651_1327687520_n

Sambutan yang pertama dari ketua panitia yang disusul dengan ketua umum Himadan 2013 yang dilanjutkan bapak dekan sekaligus membuka acara.

Di buka oleh bapak dekan Fakultas kedokteran dengan pemukulan gong 2 kali * dung dung * kata beliau karena bidan itu “bi” jadi 2 kali 😀

Toret toret toret

Brainstorming yang disampaikan oleh mahasiswi kebidanan UNS mba Meryanna Rotua Simanjutak yang memberikan gambaran tentang ASI secara umum.

Sesi ilmiah 1 dimulai .

Sesi yang pertama ini di gawang oleh seorang sexsolog dr.AndriPutranto yang akan memandu 2 pembicara yang Dahsyat ini. Pembukaan yang cetar membahana memecahkan riuhnya acara , membawa semangat positif untuk mengikuti acara selanjutnya.

Pembicara pertama dr. Hari Wahyu Nugroho, Sp.A, M.Kes dengan sub materi “Peran Asi dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang“ yang dalam penyampain beliau terdapat pesan 3 kebutuhan dasar anak yang perlu dipenuhi :

  1. Kebutuhan fisis-biomedis ( asuh )
  2. Kebutuhan kasih sayang ( asih )
  3. Kebutuhan stimulasi ( asah )

Tiga tahun pertama kehidupan anak, merupakan masa yang sangat penting untuk pertumbuhan fisik dan perkembangannya. Dimana Asi sangat berperan disini sehingga asi di rekomendasikan untuk pemberian secara eksklusif selama 6 bulan pertama.

Next . . .

Ibu kita yang luar biasa dahsyatnya dr. Utami Roesli ,SpA., MBA. ,IBCLC. ,FABM. Sebagai pakar ASI berbagai ilmu tentang “Pentingnya Menyusui sebagai Standar Emas “

Pemaparan yang terpampang jelas tentang ASI mulai dari Inisiasi Menyusui Dini dimana bayi yang baru lahir di tengkurapkan pada dada ibu sehingga terjadi perlekatan kulit ibu melekat hingga si bayi mencari putting susu ibu hingga kurang lebih satu jam.  Menunda mulai menyusui bayi meningkatkan kematian bayi (Edmond, dkk)

Berderet pasal yang mendukung program ASI beliau utarakan. Ada juga sanksi pada penyelenggara fasilitas pelayanan kesehatan yang tidak melaksanakan perintah pada pasal yang lain.

Pengalaman dari ketua sentra laktasi Indonesia yang luar biasa ini mampu menggugah hati kecil ini.

Beliau berpesan “cukup saya yang gagal mendapatkan ASI, jangan sampai anakmu gagal juga“ dari keteguhan hati untuk memperjuangkan ASI sangat luar biasa.

Renungan kecil yang begitu mengena hati membuat air mata ini tak terbendung lagi :'(

DSC04758

Wowow

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab di buka empat orang penanya.

Syudah syudah istirahat duluyaaaa… mas angklung memainkan musiknya 😀 yang di ikuti oleh duo doorprize ini yang membangikannya dengan sebuah permainan kecil dengan memainkan music angklungnya.

Bagi – bagi hadiah hamper selesai dan coffe break makan usai .

Sesi ilmiah 2 yang dikendarai oleh dosen muda yang cantik mba Rizka Ayu Setyani , SST dengan di temani 2 pembicara yang tak kalah dahsyat dengan pemateri yang awal yaitu dari IBI ibu Dr. Emi Nurjasmi, M.Kesdan success story Fannie Hertianti Santoso, S.T .

Ibu Emy adalah ibu dari para bidan yang memberikan materi “ Peran Bidan dalam Mempromosikan , Melindungi , dan Mendukung Pemberian ASI Eksklusif “

Bahwasanya seorang bidan itu memiliki tanggung jawab yang besar dan berkewajiban dalam mempromosikan, melindungi dan mendukung ASI eksklusif . hal ini sejalan dengan komitmen bidan yang telah tertuang dalam standar profesi. Implementasi hal ini di perkuat dengan peraturan perundangan yang mengatur tentang IMD dan ASI eksklusif yang mengikat seluruh tenaga kesehatan.

Net netnet

Success story yang berkisah ibu yang tidak bisa memberikan ASI pada anak pertama hingga berdampak pada anak kedua, namun beliau tidak menyerah berusaha untuk meberikan ASI pada anak keduanya berkonsultasi dan lain cara sudah beliau tempuh hingga akhirnya bisa menyusui anak keduanya 🙂

The best experience 🙂

Tralalalalalaa

 tibalah di penghujung acara yang ditutup dengan pembagian doorprize utama tab, modem, flesdisk. Hati berdebar tak karuan siapa yang akan jadi empunya barang tersebut. Penasaran itu terpecah ketika si empunya hadiah datang.

Selamat untuk para pembawa hadiah.

Alhamdulilah segala puji kami panjatkan atas berkahNya Acara SIMPOSIUM NASIONAL telah selesai dilaksanakan.

Terimakasih atas partispasi teman – teman semua, selamat melanjutkan pengabdian,selamat istirahat.

Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mendukung acara ini.

Terimakasih pula kepada seluruh panitia yang telah menyelesaikan tugasnya.

524841_336544156467578_1315764952_n

GOOD JOB for you all 🙂

ASI ? YES

ASI ? YES

ASI ? YES

 

 

 

3 thoughts on ““Simposium Nasional 2013”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *