Bulan Bakti Bagi Purnakarya Universitas Sebelas Maret


0
Categories : Artikel , Informasi , Plasenta

Kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka dies natalis UNS ke 36 difokuskan untuk memberikan manfaat sebesar besarnya pada kelompok civitas akademika dan masyarakat pada umumnya, berwawasan internasional dengan mengedepankan kearifan lokal serta mempunyai dampak pencitraan yang kuat pada universitas.

Kelompok civitas academica yang sering terlupakan adalah para purnakaryawan (Punakaryawan UNS/retirement) yang sudah tidak aktif lagi mengabdikan diri pada universitas, namun jasa dan pengabdian mereka sebenarnya sudah maksimal sepanjang hidup mereka. Kelompok Punakaryawan UNS dengan usia yang relatif sudah tua dan tergolong sebagai kelompok usia lanjut (lansia) biasanya merupakan pribadi yang kesepian (lonesome) dan rentan terhadap penyakit degeneratif serta terjadi ketimpangan ekonomi antara jumlah penghasilan dengan jumlah kebutuhan untuk perawatan dan kesehatan mereka. Budaya lokal Jawa menempatkan para orang tua (senior citizens) pada derajat yang sangat tinggi sebagaimana kata bijak ”Mikul duwur, mendhem jero” yang berarti menjunjung tinggi derajat para orang tua/sesepuh dan melayani serta memperlakukan dengan sangat hormat dan penuh rasa kasih sayang, dengan demikian seharusnya keadaan orang tua yang kesepian dan merana tidak terjadi

Elderly care ataupun countinuing care retirement sudah banyak dilakukan di negara negara maju, namun masih jarang terdapat di Indonesia terutama yang bebasis pada health care dan edutainment dan dilaksanakan pada sebuah institusi.

Salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan pada Dies natalis UNS ke 36 adalah ”BULAN BAKTI BAGI PUNAKARYA UNS” yang bertujuan untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan (Health care) dan Edutainment untuk Punakaryawan UNS Universitas Sebelas Maret dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk masyarakat pada umumnya.

Bentuk kegiatan dalam rangka Dies Natalis ini adalah :

   1. Pembuatan database Punakaryawan UNS UNS yang terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, alamat dan riwayat kesehatan serta informasi lain yang tersedia.

   2. Pemeriksaan kesehatan bagi yang belum diketahui riwayat kesehatannya di Medical Centre UNS

   3. Identifikasi kebutuhan para Punakaryawan UNS dengan questioner.

   4. Perancangan pembentukan Elderly Care dalam bentuk  ”Continuing Retirement Care Community” (CRCC) yang diberi nama ”EMERITUS”.

   5. Palaksanaan model Health Care dan Edutainment dalam ”CRCC EMERITUS” untuk selanjutnya dapat dilaksanakan secara periodik dan berkelanjutan serta kemungkinan memberikan nilai lebih sebagai bahan pengamatan bagi dosen/mahasiswa untuk melaksanakan penelitian tentang penyakit degeneratif, psikologi, engineering dan bidang keahlian lain yang relevan.

Jadwal Pelaksanaan:

Kegiatan ini diawali dengan pemberian sosialisasi oleh Prof. JB Suparyatmo SpPK (K) dan Dr. dr Senyum Indrakila SpM mengenai Bagaimana pentingnya menjaga kesehatan dan medical check up sebagai screening dan pencegahan berbagai penyakit yang sering muncul di usia lanjut.  Sosialisasi diadakan pada tanggal 18 Januari 2012 pada pertemuan akbar Purnakaryawan UNS

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah:

   1. Database Punakaryawan UNS lengkap dengan riwayat kesehatan, kebutuhan dan data pribadi lain yang tersedia.

   2. Blue print pembentukan ”Continuing Care Retirement Community”

   3. Pelaksanaan model Health Care dan Edutainment serta rekamannya untuk kepentingan penelitian.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.